NHW #2: Indikator Profesionalisme Perempuan

Renungan

Untuk NHW kali ini, saya dan teman-teman sekelas harus membuat checklist.

Sebagai perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak, seringkali saya merasa dipaksa untuk menjadi seorang Wonder Woman. Banyak sekali yang harus dipikirkan dan dilakukan agar semua aspek kehidupan rumah tangga bisa berjalan sesuai keinginan.

Tapi nyatanya, saya bukan Wonder Woman. Saya manusia biasa. Seringkali saya lupa dan khilaf sehingga ada cukup banyak hal yang terjadi tidak sesuai harapan.

Lalu, apakah saya harus berhenti di situ? Pasrah saja dengan keadaan? Tentu tidak. Keadaan tidak akan bisa membaik sendiri kalau tidak saya perbaiki.

Berangkat dari renungan di atas, saya jadi menyadari tujuan dari tugas yang diberikan kali ini. Tugas ini sebetulnya bisa menolong saya dan para ibu lainnya agar kehidupan kami bisa berubah menjadi jauh lebih baik. Bukan dengan serangkaian kata-kata yang berisi angan-angan dan bisa hilang tanpa jejak, melainkan dengan serangkaian aksi yang meskipun terlihat kecil, pasti akan berdampak besar bila dilakukan dengan sepenuh hati.


Checklist Milik Saya

Checklist ini berisi hal-hal yang sangat detail tapi juga sederhana yang harus saya lakukan setiap hari atau setiap minggu (tergantung aktivitasnya). Hal-hal seperti apa? Jawabannya jelas: hal-hal yang bila dilakukan akan meningkatkan kualitas saya sebagai individu, istri dan juga ibu.

Saya yakin sekali, meskipun terlihat sederhana, setiap aktivitas yang tercantum di bawah ini kalau digabungkan dan bisa saya lakukan secara konsisten, pasti akan memberikan perubahan yang besar dalam kehidupan keluarga saya. Perubahan yang positif, tentunya.

Berikut tabel yang sudah saya buat bersama dengan suami.

Indikator sebagai Individu

Indikator sebagai Istri

Indikator sebagai Ibu

Demikian.

P.S.: Duh, baru NHW #2 aja udah kaya gini ya. Hahaha

6 comments
  1. Sempat bingung awalnya “NHW” apaan sih? setelah googling baru paham. ini bagian dari kelas institut ibu profesional ya mba? pengen juga bergabung tapi saya lihat di website belum buka lagi kelasnya.

    1. Halo mba, makasih udah mampir 😘

      Hehehe, iya tunggu Batch 6 dibuka yaa. Follow akun sosmed Ibu Profesional aja biar update sama kabar terbarunya. 💛

  2. Wah…masuk kelas matrikulasi juga..
    Semangat mbak..

    1. Hai, Mba Sara. Makasih udah mampir. 😘

      Iya Mba semangat banget ini. 💪 Mana NHW-nya bikin baper melulu, hahaha. Mba Sara senior di IIP ya pastii.

  3. Waaahhh baca indikator yg paling atas, trutama yg solat tahajud minimal 2x seminggu, baca quran 2 hal stiap hr, aku lgs sadar selama ini indikator yg aku pake blm pernah memasukkan agama di dalam 🙁 . Beberapa sepertinya aku hrs mencontoh punya mu mba. Kadang manusia srg lupa, target/indikator dibuat setinggi mungkin, tp ga ada sedikitpun melibatkan agama. Hanya mengejar yg dunia.. 🙁

    1. Hai Mba Fanny terima kasih sudah mampir ya.

      Iya mba, saya sendiri menyadari kalo ilmu agama saya masih kurang, makanya saya buat indikator seperti itu. Semangat mbaa! Tidak ada kata terlambat. 💪

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *