NHW #8: Produktif, Yuk!

NHW #8 kali ini mengingatkan saya kepada NHW #4 yang lalu. Kalau di NHW #4 kami ditantang untuk menemukan misi hidup, maka di NHW #8 ini kami harus membuat target-target berkaitan dengan misi hidup tersebut.

Berdasarkan Kuadran Aktivitas di NHW sebelumnya, ada beberapa aktivitas di kuadran SUKA-BISA yang perlu saya garis bawahi karena dari sinilah misi hidup saya akhirnya muncul.

Planning, berjejaring, berbagi pengetahuan dan pengalaman, assisting others.

Oleh karenanya, saya mantap ingin menjadi seorang Fasilitator, baik di ranah domestik maupun ranah publik. Insya Allah.

Nah, sekarang mari berkenalan dengan Zig Ziglar.

Yep. Prinsip Be-Do-Have milik Zig Ziglar inilah yang akan menjadi acuan saya (dan teman-teman sekelas saya) dalam menuntaskan tugas kali ini.

Sebelum memulai penjabaran Be-Do-Have, saya ingin terlebih dahulu memberitahukan beberapa hal yang memperkuat motivasi saya untuk menjadi seorang Fasilitator.

Ini adalah saat saya ‘berkonsultasi’ dengan Mba Irma Febriana, our beloved Facilitator. Terima kasih, Mak. Love you full!

Dua kutipan ini milik Mba Adit Marwa, our beloved Observer di Kelas Matrikulasi Tangerang Selatan.

Saya sangat menikmati proses-proses dalam ber-Konmari. Begitu saya mengetahui fakta di atas, saya langsung merasa bahwa, “This was definitely written for ME!“.


BE

Saya ingin menjadi Fasilitator di Komunitas Ibu Profesional dan/atau Komunitas Konmari Indonesia.

DO

Saat ini saya hampir menyelesaikan Kelas Matrikulasi Ibu Profesional (minggu ini saya menjabat sebagai Koordinator Mingguan) dan sedang menjalani Kelas Shokyuu Konmari Indonesia (dimana saya menjabat sebagai Ketua Kelas).

Setelah lulus Program Matrikulasi (semoga dengan predikat baik) dan memasuki tahapan Kelas Bunda Sayang, saya akan mendaftar untuk menjadi pengurus IIP.

Setelah lulus dari Kelas Jyoukyuu, saya akan mengomunikasikan ketertarikan saya untuk menjadi Fasilitator pada Tim Konmari Indonesia. Tentu saja, sebelumnya saya juga harus bisa lulus dengan predikat memuaskan dari ketiga tahapan Kelas Intensif (yaitu Kelas Shokyuu, Chukyuu, dan Jyoukyuu).

Saya juga akan berusaha aktif mengikuti workshop, seminar, dan kegiatan-kegiatan dalam komunitas yang berkaitan dengan pengasuhan anak, pengembangan diri, dan sejenisnya.

HAVE

Kutipan di bawah ini cukup menjelaskan tentang apa yang akan saya lakukan bila saya berhasil menjadi seorang Fasilitator.

Seorang fasilitator adalah seseorang yang terlibat dalam kegiatan fasilitasi. Mereka membantu sekelompok orang untuk memahami tujuan bersama mereka sekaligus membantu mereka untuk melakukan perencanaan demi mencapai tujuan tersebut. Dalam menjalankan tugasnya ini, fasilitator tetap “netral”, yang berarti dia tidak mengambil posisi tertentu di dalam diskusi (Bens, 2012).

Catatan: tujuan bersama yang dimaksud dalam kutipan di atas disesuaikan dengan visi dan misi komunitas, dalam hal ini IIP dan Konmari Indonesia.

LIFETIME PURPOSE

Saya ingin menjadi manusia yang mampu memberikan kebermanfaatan untuk sekitar. Paling tidak, kepada sesama perempuan yang akan atau sedang menjalankan tugasnya sebagai seorang ibu. Selama ini, ketika seorang perempuan menjadi seorang ibu, seringkali ini hanya dilihat sebagai semata sebuah kodrat yang mau tidak mau harus dijalani, tanpa menyadari bahwa peran seorang ibu itu sebenarnya jauh lebih dari sekedar ‘menjalankan kodrat’.

Bahkan, kita sebetulnya sangat berpotensi untuk menjadi arsitektur peradaban dan juga agen perubahan. Setiap perempuan butuh persiapan untuk menyadari ini untuk kemudian mulai bisa bergerak maju.

Untuk itu, saya ingin hadir di tengah-tengah para perempuan ini sebagai seorang fasilitator dan inspirator, baik di dalam ataupun di luar forum, agar kami mampu dengan maksimal menjalankan peran kami dalam membangun peradaban.

The journey of a thousand miles begins with one step. – Lao Tzu

STRATEGIC PLANNING

Paling lambat dua tahun lagi, saya akan menjabat sebagai seorang Fasilitator, paling tidak dalam salah satu komunitas yang saya sebutkan di atas.

NEW YEAR RESOLUTION

Menjadi pengurus IIP – Mengikuti Training Fasilitator IIP – Lulus Kelas Chukyuu dengan predikat memuaskan – Sedikitnya satu minggu sekali berbagi ilmu dan pengetahuan di media sosial.


Wow. Luar biasa sekali rasanya setelah selesai menuliskan ini semua. Mohon doanya ya agar cita-cita saya ini bisa tercapai. 🙏

1 comment
  1. Amiin. Insyaallah berhasil harapannya mba Yossie, Umm nya Alma. 😊🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *