NHW #5: Learning How to Learn (Membuat Desain Pembelajaran )

Untuk NHW kelima kali ini, Bu Fasil cukup sukses membuat kami sekelas bertanya-tanya karena tumben beliau tidak terlalu banyak memberikan instruksi. Begini isi NHW-nya.

Setelah malam ini kita mempelajari tentang Learning How to Learn, maka kali ini kita akan praktik membuat Desain Pembelajaran ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktikkan learning how to learn dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu Bunda semua tentang apa itu desain pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan proses Anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda bagikan ke teman-teman yang lain.

Selamat berpikir dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar Anda di NHW #5 ini.

Jadi, kita harus membuat desain pembelajaran. Desain pembelajaran siapa? Boleh untuk diri sendiri, anak, atau keluarga secara keseluruhan. Karena saya sedang tidak punya waktu luang yang memadai, jadilah saya memutuskan untuk membuat satu desain pembelajaran saja, yaitu untuk diri sendiri.

Saya cukup bersyukur karena seluruh NHW saya terdahulu sangat berkaitan satu sama lain (dan saya baru menyadari bahwa memang harusnya seperti ini, kalau isi antar-NHW berkaitan, pasti NHW selanjutnya akan terasa lebih mudah dikerjakan). Di NHW #1, saya menuliskan bahwa saya ingin mempelajari ilmu agama. Saya juga menjabarkan dengan cukup detil apa saja yang akan saya lakukan untuk mempelajari ilmu agama ini. Di NHW #2, saya membuat tiga buah checklist mingguan di mana isinya adalah aktivitas spesifik saya sehari-hari yang bila saya lakukan dengan konsisten, akan meningkatkan kualitas saya sebagai individu, istri dan juga ibu. Di NHW #3, saya menuliskan secara detil apa saja potensi yang saya dan Alma miliki (plus satu surat cinta untuk suami, hahaha). Di NHW #4, saya menuliskan tujuan/misi hidup saya. Saya juga menuliskan tahapan-tahapan belajar apa saja yang harus dilakukan agar misi hidup saya bisa tercapai dalam kurun waktu tertentu.

Lalu, apa hubungannya dengan NHW #5? Begini. Untuk membuat desain pembelajaran milik saya, ada beberapa hal yang saya butuhkan secara umum, yaitu tujuan, materi, kegiatan dan evaluasi pembelajaran. Nah, ternyata empat komponen ini secara tidak langsung sudah saya buat sebelumnya (yay!). Tujuan pembelajaran secara umum saya dapatkan dari NHW #2 (yaitu menjadi perempuan yang profesional) dan secara khusus bisa saya dapatkan dari NHW #4 (yaitu menjadi pengurus IIP dan PHI). Materi pembelajaran saya ekstrak dari NHW #1, #2, dan #4. Sama dengan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran juga saya dapatkan dari NHW #1, #2, dan #4. Terakhir, evaluasi pembelajaran langsung saya ambil dari NHW #2 karena di situ sudah tersedia checklist mingguan yang bisa saya review setiap bulan. Selain checklist, saya juga membuat deadline untuk beberapa kegiatan pembelajaran (karena beberapa kegiatan bukan termasuk kegiatan rutin). Lalu, NHW #3 untuk apa? Salah satu isi NHW #3 adalah penjabaran tentang potensi diri saya, di mana hal ini cukup membantu saya dalam memilih model desain pembelajaran seperti apa yang paling cocok untuk saya (dan akhirnya saya memilih untuk membuat desain pembelajaran dalam bentuk mind map).

Jadi, seperti apa desain pembelajarannya? See below, please.


DESAIN PEMBELAJARAN

Tujuan Umum

Menjadi perempuan profesional yang mampu melakukan peran sebagai individu, istri dan ibu dengan baik

Tujuan Khusus

Bergabung menjadi pengurus organisasi (IIP dan PHI)

Materi Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Evaluasi Pembelajaran


Alhamdulillah, akhirnya selesai jugaaa! Sebelumnya saya sempat ragu antara mau dibuat dalam bentuk tabel atau mind map. Akhirnya saya memilih mind map, and I don’t regret it at all! Kelihatan rapi tapi tetap ada sisi estetikanya, hehehe.

FYI, saya membuat mind map ini via ponsel (Android), lho. Lebih tepatnya pakai aplikasi Mindly. Silakan coba cek di Google Play, ya!

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *