Cerita tentang Tomcat yang Menyebalkan

si umi lagi sedih soalnya si anak bayik siku kanannya kena tomcat. uhhh ngeselin! itu tomcat dari mana pula. ??? kok gak gigit emaknya si bayi aja sih ??? asli kesian banget, penampakannya jadi kayak kena herpes gitu. hebatnya ini anak nggak riwil lho. padahal kalo kena tomcat katanya gatel dan perih gitu (meskipun emang nggak pake demam kaya kalo kena herpes, soalnya ini ‘cuma’ infeksi lokal, bukan virus). akhirnya tadi pagi coba ke Viva Generik deket rumah soalnya apoteker-apotekernya pada baek banget suka ngasih saran yang adem di hati. setelah konsul, kita dikasih salep Desoxymethasone (OOT: pernah ada bapak-bapak bawa balita batuk-pilek nanya obat, eh sama mba apotekernya si balita disuruh dinenenin aja yang banyak, katanya ngga usah minum obat. ain’t that super cool? ?).

siangnya cerita ke tetangga, ternyata pernah kena tomcat juga. katanya dulu dibawa ke dokter trus dikasih salep-yang-beliau-lupa-namanya (yang pasti bukan Desoxymethasone) dan sembuh dalam 3 hari. otomatis kepengen lah kita punya salep tokcer macem gitu. akhirnya nyeret abi ke RS-yang-cukup-besar-di-Solo-tapi-nggak-usah-disebutin-lah-ya-namanya. nyampe sana jam 4, nggak taunya dokternya baru praktik jam 5. akhirnya cus ke IGD. setelah diperiksa dokter dan yakin kalo ini emang kena tomcat, kita dikasih resep.

setelah nungguuuuu eh ternyata resepnya bukan salep/krim dong. resepnya obat serbuk racikan yang harus diminum 3 kali sehari. yang lebih bikin zonk adalah karena si mba apoteker RS bilang bahwa obatnya harus habis soalnya obatnya ada antivirusnya.

wait…… antivirus? entah mbaknya salah ngomong apa gimana, yang jelas ini bikin kita galau berat. pertama, penyebab sakitnya Alma ini bukan virus, melainkan dari racun tomcat, which is makhluk hidup, jadi logically harusnya Alma dikasih antibiotik, bukan antivirus. buat mastiin aku udah search info di salah satu situs dokter anak dan emang bener ya harusnya dikasih antibiotik, bukan antivirus. kedua, begitu tau Alma dikasih obat oral, abi dan aku jadi agak nggak minat buat kasih ke Alma. entah kenapa rasanya sayang aja gitu kalo badannya Alma kemasukan sesuatu yang nggak natural.

apalagi aku dan abi punya keyakinan yang sama dari dulu, kalo bisa sembuh tanpa pharmaceutical drugs, kenapa harus pake (terutama yang oral nih, agak parno kita, kalo obat luar masih cincay lah ya). jadi beneran kita jarang banget minum obat kalo nggak kepaksa banget. kaya misal lagi flu pun kita nggak pernah minum obat, cuma banyakin minum air putih dan banyakin makan makanan yang bisa boost immunity.

balik lagi, begitu tau Alma dapet obat oral, kita jadi makin ragu buat kasih ke Alma. mana ini nggak tau kan isinya beneran antivirus apa si mba apoteker salah ngomong. akhirnya balik ngandelin skill googling, nemu salah satu postigan blog seorang ibu yang anaknya kena tomcat dan udah mayan parah gitu. mana anaknya masih umur 3 bulan. kesian banget liatnya huhuhu. dia waktu itu pas nemu dokter yang keren sehingga anaknya sembuh hanya dalam waktu 2 hari saja. ??? obatnya apa? katanya dia disuruh kompres luka si bayi pake NaCl, trus kompres lagi pake antiseptik (misalnya Betadine), trus terakhir diolesin Hydrocortisone. wahhh emaknya Alma langsung kaya nemu mata air di tengah gurun pasir.

cuma ada satu masalah, abis googling ternyata ada 2 jenis Hydrocortisone: yang 1% dan 2,5%. akhirnya pilih yang 1% soalnya kalo dipikir-pikir kalo konsentrasinya lebih rendah harusnya lebih aman ya, secara ini kan buat diaplikasiin ke batita.

barusan tadi abis Alma bobo aku dan abi cobain cara di atas. yang bikin lega, abis dikompres air garem, lesinya kempes dong! terharu banget :’> bismillah semoga abis rutin dikasih treatment, lukanya Alma cepet sembuh. aammiiiinnn. ?


UPDATE:

akhirnya nemu obat abis-kena-tomcat yang manjur banget!: Gentasolon. lukanya Alma cepet kering banget setelah pake ini. diolesinnya jangan di permukaan luka yang basah ya. jadi misal lukanya abis kena air, harus dikeringin dulu baru diolesin.

BTW  lukanya emang nggak boleh kena air sih. Alma sejak sikunya luka nggak pernah mandi, diseka doang.

sebelumnya udah nyoba dua krim berbeda (termasuk Hydrocortisone) tapi malah bikin lukanya makin parah, hiks. yang bikin kesel, begitu lukanya udah mulai sembuh eh si Alma malah gesek-gesekin sikunya ke meja, lukanya jadi ngelupas padahal belum kering bener. sukses kecolongan. lukanya jadi makin keliatan horor. ?

oiya, tiap sebelum diolesin krim, lebih bagus kalo lukanya dibersihin dulu pake cairan antibakteri/antiseptik. kebetulan Alma pake larutan NaCl (beli di apotek rumah sakit, coba beli di Kimia Farma pun nggak ada lho, mereka lama nggak stok). kalo susah nemunya, pake Rivanol juga bisa. jangan Betadine tapi. soalnya Betadine teksturnya lengket bikin lukanya ngga kering-kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *